Membeli Tiket Pesawat Lion Air Melalui Internet


Kalau beli tiket Lion Air biasanya saya pesan lewat internet dan bayar lewat ATM Mandiri. Struk ATM itulah yang menjadi tiket.

Beberapa waktu lalu karena saya sedang kurang sehat untuk keluar rumah, saya coba-coba melakukan transaksi melalui Mandiri Internet Banking.

Setelah booking di website Lion Air, lalu saya masuk ke websitenya Bank Mandiri. Saya coba menelusuri cara pembayaran tiket dari hasil bookingan website-nya Lion Air tadi.

Setelah mengikuti petunjuk, dengan bantuan Token Mandiri, muncullah konfirmasi transaksi pembayaran yang telah dilakukan. Printout halaman konfirmasi itulah yang menjadi tiket.

Dengan percobaan tersebut, tampaknya ada yang perlu diperhatikan dengan cara pembayaran melalui internet banking:

  1. Pastikan komputer terhubung dengan UPS, atau gunakan laptop. Jangan sampai saat halaman konfirmasi pembayaran tadi muncul dan kita belum sempat ngeprint atau nge-save tiba-tiba listrik mati.
  2. Jika belum akan ngeprint/ disave dulu, pastikan save dalam berbagai format. Biasanya bisa berformat HTML, WebArchive, PDF, atau bahkan skrinsut dalam bentuk gambar. Jangan sampai hasil save dari warnet, filenya ngga bisa dibuka di rumah.
  3. Pastikan browsernya stabil dan versi final+update-tan. Jangan sampai tiba-tiba crash/hang di tengah jalan gara-gara browser masih versi alpha/beta.
  4. Pastikan sistem operasinya stabil dan bebas virus. Kalau udah bervirus, jangankan mau transaksi keuangan, mau colokkin flashdisk juga jadi ragu…! Stabilitas OS juga perlu, sebaiknya sih jangan dulu pakai sistem operasi terbaru atau baru saja install. Lebih baik pakai sistem operasi yang sudah dipakai agak lama dan terbukti ngga pernah hang/crash/blue screen/kernel panic/dsb. Kalau Windows, mendingan pake XP atau Vista, jangan dulu Win 7. Kalau Mac OS X, mendingan pake Tiger/Leopard, jangan dulu Snow Leopard. Versi sebelumnya biasanya udah matang.

Semoga bermanfaat.

UPDATE 08 MARET 2010:

Dikarenakan banyak komentar yang menanyakan tentang bentuk tiket, cara pembayaran, serta nomor rekening tujuan, mungkin ini bisa jadi gambaran:

 

Konfirmasi terakhir (ke-4) pemesanan di lionair.co.id

Konfirmasi terakhir (ke-4) pemesanan di lionair.co.id

 

 

 

Bukti bayar sebagai tiket

Update 16 Oktober 2010:

Sekarang bookingan ganda diperketat. Dulu jika habis masa time limit kita masih bisa booking lagi di websitenya. Sekarang ngga bisa, harus dengan nama lain. Oke lah….

Jadi, triknya ganti nama saja. Akalin sedikit. Asumsikan nama pertama kita booking RIZKI ADI CAHAYA. Setelah time limit habis dan bookingan belum juga dibayar, booking saja lagi dengan nama lain, misalkan RIZKI ADY CAHAYA. Kalau masih ragu membayar, booking lagi aja dengan nama RIZKI ADI CAHAYAH. Masih ragu, jangan bayar dulu! Nanti booking lagi aja dengan nama RIZKI ADICAHAYA….. hehehe… Tidak ada yang tidak bisa di Republik ini…

 

105 comments on “Membeli Tiket Pesawat Lion Air Melalui Internet

  1. Halo salam kenal..
    saya mau tanya, kalau mau bayar e-ticket lwt bank mandiri.. no.rekening nya yang mana ya ? yang “payment code” bukan ?

    • Salam juga…. Payment Code bukan nomor rekening. Bayar tiket lewat Bank Mandiri bukan melalui sistem transfer, tapi melalui menu khusus Pembayaran/Pembelian yang ada di ATM atau Internet Banking. Jadi ikuti saja petunjuknya, nanti ditanya Kode Pembayaran lalu masukkan.

  2. Halo salam kenal..
    Saya mau tanya, setelah kita bayar pemesanan tiket melalui ATM, trus kalo struk ATM yg dijadikan Tiket, gimana cara masuk bandara dan check in apakah cuma memperlihatkan struk tsb???

    Terima kasih

    • Yap betul, petugas pelayanan cek-in Lion Air di bandara sudah paham sistem pembayaran ATM dan internet banking. Jadi, kalau kita kasih lihat struk ATM-nya, nanti dia kasih kita boarding pass. Kalau bisa sih struknya difotokopi dulu, soalnya bakal diambil. Lagian bentuknya kecil kan, siapa tau keselip. Kalau bayar lewat internet banking juga tinggal kasih print-out pembayaran. Mereka juga udah ngeh.

  3. saya juga barusan beli lewat atm mandiri,jadi nanti pas d bandara tuh struk pembayaran bakal d ganti sama tiket aslinya apa engga?
    atau cuma boarding passnya aja?
    soalnya mo ngurus penggantian uang tiket harus ada tiket sama boarding pass..dkasi tiket apa engga yah??
    bales ke email aja bisa??hehe butuh jawaban secepatnya,.mohon bantuannya..makasi

  4. @pita & @rajib:

    Struk pembayaran ngga diganti sama tiket asli, tapi langsung dikasih boarding pass. Kalau butuh tiketnya untuk klaim kantor, fotokopi aja dulu.

  5. wah ketemu juga nich sama yang dah pernah beli tiket online langsung dari lion air,
    sampe saat ini saya ngecek status tiket saya itu masih “not ticketed” dan saya bayar nya dengan kartu kredit, jadi bukan melalui atm dimana kita bisa menunjukkan stuk print out nya..

    apa yang menjadi alat bukti tiket saya ya?

    trims

    • Bang Swanto… terus terang saya belum pernah bayar pakai kartu kredit. Tapi saya sudah hampir selalu pakai Internet Banking Mandiri. Saya juga belum coba kalau pakai sistem internet banking bank lain ya. Tapi, saya yakin pasti ada suatu konfirmasi bahwa bookingan tiket Bang Swanto telah “sukses” atau “selesai” dibayar melalui kartu kredit. Kan tidak mungkin tiba-tiba diminta gitu aja nomor kartu dan expirenya tanpa konfirmasi apa2.

      Kalau pake IB Mandiri, memang sebetulnya no ticketing juga sih. Tapi, saat kita sukses melakukan transaksi pembelian tiket dengan nomor sekian harga sekian flight sekian, itu sebenarnya faktur sekaligus sebagai tiketnya. Jadi memang tiketnya harus manual kita print sendiri.

      Jadi kesimpulannya, ketika ada konfirmasi bahwa pembayaran telah sukses, maka saat kita berada di halaman konfirmasi itu langsung kita print, save, atau screen capture biar moment dan bukti pembayarannya “tertangkap”. Di Windows biasanya pake Ctrl+PrtSc lalu paste saja di Paint. Kalau di Mac pake aja Cmd+Shift+3 dan filenya muncul di desktop.

      Saya kira begitu bang….

  6. mas, mau tanya… yang di print itu halaman dari web IB mandiri(pembayaran tiket airlines) atau yang dari lion air (retrive booking), soalnya yang dari web lion air disediakan tombol untuk print, tapi ga bisa di klik…
    thx…

  7. tanya….
    klo transfer di atm berarti cuman masukin kode booking dan transfer sesuai harga tiket ya???
    ada fee tambahan ga,mas?
    makasih…

    • Kalau masukin kode pembayaran (bukan kode booking) di ATM, nanti otomatis keluar nama Anda beserta rincian pembayarannya. Tidak ada tambahan fee pembayaran. Struk ATM nanti jadi tiket, jadi disarankan agar difotokopi dahulu sebelum cek-in di bandara.

  8. asslmkm……

    Bos numpang nanya……

    kemaren aq beli tiket online lion air bayar via atm mandiri, tiket pp bth-sub, sub-bth, udah aku bayar tapi sampai sekarang masih ” not ticketet” statusnya, gimana itu bang? biar tau aja apa tiket kita udah confirmasi gitu, apa perlu telp call centre lion?

    trus klo struknya diambil pas chek in, untuk plngnya berarti copy 2 ya?

    matur suwon infonya

    • Waalaikumsalam… Kalau pesan di internet n berencana mau bayar via ATM, memang statusnya not ticketed karena memang tanpa tiket biasa. Nanti kalau sudah dibayar di ATM, struknya jadi tiket. Betul bos, kalau tiketnya PP, berarti copy dulu.

      Struk kan bukan diambil waktu cek-in, struk ATM kan keluar dari mesin ATM bos? Itulah tiketnya.

  9. ini kode pembayarannya kok ga ada ya? yang ada cuma kode booking. gimana cara bayar ol nya kalo gini? makasii..trus berapa lama ya jeda waktu pembayarann ol nya?

  10. ass.. mau tanya
    ini kode pembayarannya kok ga ada ya? yang ada cuma kode booking. gimana cara bayar ol nya kalo gini? makasii..trus berapa lama ya jeda waktu pembayarann ol nya?

  11. mohon info,kl kita travel kita kan dapat komisi dari air line,misalnya lion di sistem harga Rp.307,000 biasanya travel hanya bayar Rp.300,000 dan masih dapat komisi lagi 5 -10%, ngm dengan bisnis ini?

    mohon info

  12. nice info nih, aku kemaren barusan beli tiket via ATM. dapet struk. kalo mengacu pada gambar 1, kan ada tulisan “rincian perjalanan akan dikirim setelah anda melakukan pembayaran”. gw udah bayar kirain bakal dikirim itinerary ke email seperti Airasia, biar itu yang jadi tiket. lah ternyata mmg struknya yang jadi tiket ya?tulisan di struk itu gampang ilang lho. ilang gimana coba?hehe.

    • @brekele: Setiap maskapai punya sistem yang berbeda. Betul, struk jadi tiket. Seperti lembaran facsimile, struk ATM juga gampang hilang. Untuk menjaga struk yang rapuh, tipis dan kecil itu, sebaiknya difotokopi terlebih dahulu soalnya struk itu akan diambil saat check in. Kalau ngga difotokopi, bagaimana bisa klaim on-bill tiket ke perusahaan? Itu teknis di lapangan saja, not a big deal.

  13. Tanya om: Kl nama yang dibooking di ticketnya beda dengan nama pemilik rekening banknya bisa ga?
    Misalnya gini: saya booking melalui internet atas nama saya, kemudian saya minta teman yang bayarin melalui ATM mandirinya, trus stuk ATM yang diserahin mesti asli kah atau gimana? Kl stuknya di scan oleh teman saya dan dikirim ke saya melalui email, hasil scan tersebut yang saya print. boleh ga seperti itu?

    Thanks banget mas :).

  14. Ass. Ma nanya nih misal kita ga print out dr web IB hasil bukti pembayaran dan kita cma catet kode booking bs ga buat lapor ke counter lion air?
    Thanks

  15. wah, jadi struk atm itu yg jadi tiketnya… baru pertama saya beli tiket online jadinya bingung hehe terimakasih banyak atas penjelasannya mas

    sekalian mau tanya :D , pas saya ke web-nya terus mau “retrieve booking”, koq tombol print-nya ngga bisa di tekan ya? apakah itu akan jadi masalah?

    sekali lg, terimakasih

  16. ngga masalah. kalo ngga bisa diprint, screen capture aja. itu cuma untuk keperluan bukti saja.

  17. klo saya yg blom ketemu…keyboard di atm mandiri itu kan angka dan huruf ya…kode pemesanan pasti pke huruf kan…lha gmana caranya tombol tu dpencet jadi huruf bukn angka…coz nampaknya tombol shift jga g ada..tengkyu!

    • Intinya, yang perlu dicatat cuma 2: kode pembayaran untuk bayar, kode booking untuk cek-in. Kalau cek-in, cukup sebutin kode booking dan nunjukin KTP, gak usah pake tiket juga bisa (based on pengalaman di Bandara Soekarno-Hatta).

  18. Ping-balik: Tiket Lion Air via Internet dan ATM BNI – Bhyllabus

  19. mas, lam kenal y…aq mo nanya boleh y? hehehe…gini, klo udah bayar tiket via atm trus apa dari lion airnya tidak mengirim tiket ke email kita? kan waktu pengisian identitas dicantumin alamat email? hehehe..trims infonya!^^

    • Ah… Kaga ada itu mbak.. Lion kan pelit hehe.. Cukup kode booking aja yg mbak inget atau catet. Tar di bandara print tiket aja di loket/konter lion (bukan konter cek-in ya..)

      Sent from my Windows Phone

  20. apakah masih bisa melakukan pembayaran tiket melalui ATM Mandiri jika telah melewati batas waktu pembayaran (3 jam) dan proses pemesanan tidak dibatalkan secara otomatis?

    • Semua bikin repot langsung aja beli di tempat agen tiket pesawat kan mudah harga pun paling mereka ambil untung 50.000 per tiket tidak ribet dan ada tanggung jawabnya….lagipula ngapain pakai ATM bikin repot aza kalau memang kita bener-bener butuh biar harga tiket mahal pasti dibeli kalaupun tak ada duit naik kapal aza…………….beitu aza pun repot………………….

      • Bro timotius yth, barangkali tulisan saya ini tidak cocok untuk Anda.

        Readers, memang benar bila kita jd bos, tinggal bilang sama bagian fasilitas utk atur tiket kita ke tujuan… Dan tiket pun tiba di meja kita tanpa harus repot ke agen, ke ATM, internet banking, dan web checkin.

        Tapi barangkali call reservation, web booking, internet banking, dan web checkin bisa menjafi solusi jitu ketimbang walk-in ke agen tiket dalam kondisi sbb:
        1. Ketika kita hanya jadi kroco
        2. Ketika tiba2 di hari libur harus berangkat dadakan segera, sementara agen pada tutup
        3. Ketika kita gak pegang uang tunai & gak bawa kartu kredit/ATM apapun, yg ada cuma koneksi internet dan token internet banking
        4. Ketika tdk ada orang yang bisa dimintai bantuan utk belikan tiket
        5. Ketika ada di luar negeri, dimana memesan tiket yg paling masuk akal adalah via internet
        6. Ketika sedang dlm perjalanan panjang dari jakarta ke banyuwangi pake bis, dan lupa bayar tiket, di jalan yg sunyi senyap gak ada ATM…apalagi agen…
        7. Ketika….dan ketika… :-)

        Jadi bro, web booking, web checkin, call reservation, internet banking, ATM payment, phone banking, etc…. Itu semua ada karena adanya kebutuhan yg berbeda untuk kodisi yg berbeda. Karena itu dunia perbankan dan dunia penerbangan sama2 menyediakan alternatif pembayaran, demi kenyamanan para pengguna jasa mereka.

        So….be wise bro…

  21. Mendingan booking aja lagi seperti postingan di atas. Dengan nama yg berbeda di hurufnya mungkin. Oh ya kalo pakai klik BCA lama munculnya waktu di klik bca nya sehingga saya sudah booking berkali2 eh taunya 30 menit baru muncul. padahal time limitnya cuma 20 menit ya di lion nya.

  22. mas mw nanya nih
    saya udah sampai step ke empat
    dan saya lupa ngsave atw ngeprint
    kan ada btas tenggang wktu pembayaran tu.
    n saya ga smpat bayar tepat waktu.
    trus saya mw booking lagi tp ga bisa.gmn tu mas?

  23. mau nanya dong om .
    saya kan dbeliin tiket sama saudara saya dari jayapura .
    trus cara ngambil bukti pembayarannya gmn ?

  24. tanya om : mas kan saya d jakarta terus saudara saya d jayapura beliin saya tiket via email .
    terus cara ngeprint bukti pembayarannya gmn ya ?

    tolong di jawab .

  25. Mo nanya nih, klo namanya rada dirubah dikit apa gak masalah tuh? misalnya Sri Rini Anggreini diganti jadi SriRini Anggreini, apa nanti ada masalah saat check in n imigrasi karena berbeda dengan nama di paspor? saya mo beli tiket dari singapur-jakarta, tapi gara2 salah masukin usedID BCA trus ada masalah lagi ma klik bca-nya (karena bookingan saya ga muncul jadi udah keabisan ide deh buat ngerubah nama yang msh relatip sama ma paspor (nasib…nasib…).

    Mohon bantuannya yah

  26. MAS SAY BARU PERTAMA KALI MAU NAIK PESAWAT, KALAU SAYA PESAN TIKET MELALUI INTERNET DAN DIBAYARKAN OLEH TEMAN MELALUI INTERNET BANKINGNYA BISA TIDAK ????. MOHON DIBALAS.

    • Bisa banget. Yg penting mas pegang nomer bookingnya saja, nanti tiket bisa diprint di konter Lion di bandara. Yg penting pastikan nama penumpang sama dgn yg tertera di tiket, jgn sampai pesan tiket atas nama teman sampeyan. :-)
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

  27. “Sekarang bookingan ganda diperketat. Dulu jika habis masa time limit kita masih bisa booking lagi di websitenya. Sekarang ngga bisa, harus dengan nama lain.”

    ini yg kejadian sama saya mas
    saya coba booking kemarin,,tapi gak saya follow up

    terus tadi mau booking lg,ada peringatan “pemesanan ganda tidak bisa dilakukan”
    kan time limitnya kemarin

    berhubung penerbangan saya lintas negara,saya ragu kalo harus ngakalin nama
    takutnya gak sama kaya di passport
    terus gimana ini solusinya??
    apa saya harus laporan ke kantor lion air,,biar (bekas) bookingan saya dibatalin

    • Sebetulnya bookingan ganda tidak diharapkan maskapai. Setiap maskapai tampaknya ingin pemesan langsung membeli tiket. Itu makanya garuda tdk bisa booking tapi harus langsung beli melalui kartu kredit. Itu karena

      Keliatannya lion agak memperlunak ini agar tdk terlalu kaku, dgn harapan pembuking masih bisa ngakalin, tapi ngga sampe terlalu bablas juga maen booking2an terus tanpa ada kepastian dibeli apa tidak.

      Kalo passport, mungkin jangan ngakalin nama, tapi coba mainkan di inisial. Pake titik atau pake koma, atau juga bikin spasinya 2. Atau bisa juga abis dispasi tambah titik.

      Tapi mas, bisa saja admin ngerubah sistem jadi bisa mendeteksi inisial, titik, spasi ganda, dll. Jadi, selama masih bisa diakalin… MAINKAAAN…..!!!

      Powered by Telkomsel BlackBerry®

      • setahu saya booking ganda masih bisa.saya baru aza kemaren ngelakuin. cuman saya pake browser yg berbeda (mozilla, opera n ie) semuanya bisa saya booked baik di hari yg sama ataupun beda dgn nama saya yg sama tanpa masalah

  28. maz, q mo nanya ni…
    setelah kita dapatin struknya, nukar tiket nya itu dimana?
    soalnya saya bingung tentang comment diatas yg bilank d print di loketnya…
    harus dikasih bukti bayarnya / struk itu ya?

    • Hafalkan saja kode bookingnya. Nanti di bandara sebutkan dan minta printkan tiketnya. Gitu aja. Abis print tiket, langsung aja ngacir ke meja cek-in.

      Salam sukses…
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

  29. Mas, aq mo nanya nih….bisa ngga sy nitip mobil dibandara? Amankah? Trus gimana caranya kalo beli tiket via internet banking BCA atau Danamonline??? Tolong dong mas kasih contohnya…..takut lain dengan Mandiri n’ takut salah…….Makasih dehhh mas infonya…ditggu sgra ya mas……soalnya aq mau trnsaksi skrang nieh…….

    • Waduh juragan… kayaknya ogut belon pernah jadi tukang parkir nih di bandara, kalo di pasar pernah. Jadi kagak hapal, mendingan titipin aje di tentangga sebelah gan, lebih terjamin… hehehe.

      Ogut juga gak punya BCA atawa Danamon gan… Dicoba aja gan, jangan takut salah. No tries no knowledge. Mangga dilanjut aja gan…

  30. Jujur aja mas, ni ane pertama kali booking tiket lionair scra OL, tp belum byar cos ane kagak punya token mandiri, rencana mau byr via ATM nih. Ni tiket buat kawan ane di Medan smentara ane di Batam, Tolong bantu infonya ya mas:
    1. bayar di atm yg dibuthkan kode yg mana ya mas? ATM Payment Code nya ya Mas?
    2. Trus yg sy kasih ke kawan sya itu ntar kode booking nya ya Mas??? Yang mana itu mas?? yang Booking reference ya maksudnya? yg hurup besar itu semua? Soalnya struk ATM gk mungkin kan mas..

    Please bls secepatnya ya Mas, really urgent, cos pay by nya tinggal sejam lagi mas. I really appreciate your soonest response. Thanks’ be4.

    • Betul sekali, nomor 1 dan 2 sudah cukup. Bayar dengan payment code yg terdiri dari 13 angka. Sedangkan kode booking yg bisa dikasih ke teman sodara adalah 6 huruf kapital itu.

      Sent from my iPod

  31. saya mau tanya apakah kode pembayaran akan selalu berubah setiap kita melakukan booking secara online..
    sebelumnya saya ucapakan terima kasih atas bantuannya.

  32. selamat malam mas, saya mau tanya.
    kemarenkan saya mencoba bagaimana cara memesan tiket melalui internet dan sampai step ke4 saya berhenti karena disitu tertulia print atau selesai. nah yang jadi pertanyaan saya adalah saya kan uda mencoba mendaftar dengan nama asli saya dan saya bermaksud memesan pada 1 bulan mendatang, apakah itu tidak termasuk dalam booking ganda?
    trimakasih

    • Mas, setau saya yang dimaksud booking ganda itu adalah booking untuk flight yang sama. Kalau beda waktu beda tanggal tidak masalah.

      Sent from my iPod

  33. makasi ya atas infonya… saya juga mengalami pemesanan tiket ganda, namun setelah saya beri spasi pada nama saya, alhasil saya bisa memesan tiket kembali…

  34. mau tanya donk, untuk kode Perusahaan Lion Air buat bayar tiket via ATM BCA apa ya..??? terimakasih sebelumnya…

  35. berdasarkan kalimat anda, saya mau nanya kata nya struk pembayaran jadi tiket, terus ada kalimat lagi printout konfirmasi yang jadi tiket. jadi gimana t? masalhnya ini untuk org tua saya. kasihan dia agak repot klw dalam posisi haruz terus OL sampai pembayaran selesai dan harus wajib ada printout nya..

    • Pada prinsipnya, yang penting sudah bayar, cukup tunjukkan kode booking saja sudah bisa cek-in. Tapi masalahnya kadang ada bandara yang mengharuskan kita pegang tiket (sudah bayar). Struk ATM atau printout pembayaran internet banking bisa jadi tiket juga.

      Namun di beberapa bandara yg tidak terlalu ketat, cukup tunjukkan kode bookingnya, atau bisa dalam bentuk printout konfirmasi tahap akhir booking dari internet.

      Begitu kira2 bu.. Salam..
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

  36. Mas saya mau tanya kalo sayang beli tiket lion JkT-SING online, saya sudah bayar lewat atm mandiri, ternyata nama penumpang salah ketik ato kurang nama belakang sesuai pasport, bagaimana ya? apa artinya tiket itu hangus, karena ke luar negeri setau saya nama di tiket harus sama dengan nama di pasport, ato pihak lion bisa bantu untuk penambahan ato revisi nama….makasih ya mas, butuh infonya ne….

  37. Mantab postingn2x gan…. Tmbh pngalman.. Mskpun lum prnh nyoba bli tket via IBM..tp akn sgera dicoba…thks..trm ksh..mtr swn….

    • Sama-sama gan. Terima kasih. Alhamdulillah kalau ada yg mengambil mangpaat. Rencana bikin postingan membeli tiket Garuda melalui internet. Garuda juga udah bagus sistem pembayarannya gan….
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

  38. Mantab postingn2x gan…. Tmbh pngalman.. Mskpun lum prnh nyoba bli tket via IBM..tp akn sgera dicoba…thks..trm ksh..mtr swn….like this…

  39. Lupa nanya mas… Klo kt byar lwt Sms banking ap nti dpt blasan kode booking lwt sms jg??? Thks B4

    • Telepon aja contact center lion mas. Sebutkan saja nama dan flight yg terbooking. Mereka pasti siap membantu.

  40. ane jg punya masalah yg sama gan, barusan telp call centre nya Lion Air,, jadi gini gan cara nya:

    – masuk ke “TRANSAKSI LAINNYA”
    – pilih “PEMBAYARAN”
    – pilih “LAIN – LAIN”
    – masukkan kode perusahaan LION AIR: 710110 –> klik BENAR / YES
    – masukkan kode booking tiket nya 13digit: 188000xxxxxxx –> klik BENAR / YES
    – ntar bakal keluar nama agan + tujuan penerbangan dll gitu gan, di cross check aja, kalo bener langsung klik BENAR / YES
    – masukin jumlah pembayaran
    – selese deh gan..

    slip bukti transfer nya jangan lupa diambil gan, trus jangan lupa dibawa pas mo berangkat, soalnya pasti diminta..

  41. Bermanfaat banget infonyaa :D Tadi saya udah coba saran Penulis untuk ngutak-atik nama biar bisa nge-booking lagi.. (sebelumnya lupa nyimpan kode booking dan nomor pembayaran, hehe)

    btw, sekarang tiket kita udah langsung dikirim ke email lho pas kita bayar (cek di spam aja).. jadi tinggal print sendiri aja deh, ga perlu ke counter Lionnya..

  42. berguna banget postingannya ini. :)
    barusan saya bayar untuk tiket mudik, tp internet banking BNI tiba2 error tp saldo sudah terpotong, untungnya tiket sudah masuk di email. :)

    ga jadi parno deh. hahahha

  43. Mas, saya baru pertama naik pesawat terbang dan mau coba pesen via internet, tapi masalahnya saya nggak punya internet trus nggak punya ATM trus nggak punya kartu kredit…gemana dong (ini aja nyolong2 di komputer orang yg lagi OL), bales ya …pleaseeeeee !

    • Hmm.. Menarik juga.. Sebuah candaan menggambarkan karakter seseorang. Keep smile, readers… :-)
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

  44. Mas….aku mo tanya…
    Sama gak si harga tiket yang online ama klo kita bli langsung di counter Lion Air yang ada di bandara?
    daritadi aku nelp ke CS Lion tapi nada tunggu mulu nih..
    tlg dijawab ya,,,
    thanks ya mas :)

    • Boleh… Sepengalaman saya sih sama ya. Bahkan saya juga pernah cek-cek booking ke agen dan saya ricek ke websitenya memang harganya sama. Kadang bedanya, kalau ke agen-agen mereka kadang rajin mantau harga di internet tiap waktu siapa tau harga turun. Kalau di counter bandara saya terus terang belum pernah. Tapi coba aja kalau sampeyan dapat jaringan internet cek-cek website lion di bandara, terus bandingkan…. hehehe…

  45. slm..
    mau nanya ne..
    lo qta dibeliin tiket secara online dari luar kota..
    gmn caranya qta ambil struknya..

  46. Mksh atas infony… skarang g bisa ganda namanya buat booking, jd kl g d bayar y harus pake nama yg g sama……

  47. mas aku udah bayar lewat debit bca, tapi masalahnya emailku salah dan aku ga bisa lihat kode bookingku. so aku cuma punya bukti pembayaran nya aja. gimana donk?

  48. saya udah booking tiket lion air, tp lupa catet kode pembayaran nya.. itu bisa di proses ga ya?

    • bisa minta saja boz ke call center atas dasar kode booking atau nama yang udah dimasukan sebelumnya…

  49. Terimakasih mas, berguna sekali info nya, saya akhirnya meggunakan double spasi dari nama depan ke nama tengah, apakah nanti akan bermasalah mas? saya penerbangan dr international-domestik (beda2 beli pesawatnya biar murah :p ) hehehe

  50. mas mau nanya saya udah boking tiketnya tp aya lupa nyatat nomor kode pembayarannya dan dicari lgi di webnya ga ketemu.. gimana tuh mas?
    CS lion air di telpon tpi tunggu mulu
    mohon bantuanya ya mas
    makasi

    • wah, kalau itu namanya missing link… ya udah, gampang mbak… booking aja lagi dengan “nama yang lain” :-)

  51. mas mau tanya, saya pesan eTicket dan bayar pake kartu kredit, ternyata di keterangannya pemilik kartu harus ikut untuk verifikasi pada conter cek in, sementara pada saat keberangkatan saya diluar kota, yg berangkat adalah ibu saya,,, kira2 gimana ya solusinya, tks bgt…

    • Pertama, sebetulnya yg titik berat penggunaan kartu kredit adalah keamanan dari fraud atau penyalahgunaan. Kalau belanja pun kan suka diminta perlihatkan KTP utk verifikasi, krn sistem cc yg tanpa PIN ya. Sedangkan kalau pakai ATM kan ada verifikasi PIN, bahkan internet banking pengamanannya harus berapa tahap.

      Kedua, permintaan dan syarat dari Lion ya haknya Lion sendiri. Kadang petugas cek in bisa lebih permisif membolehkan sedikit pengecualian2, tapi banyak juga yg strict sama aturan. Kita harus memaklumi.

      Saran saya, kalau tiketnya sudah terlanjur issued, ya sudah langsung aja web check-in. Jadi, nanti tinggal kasih KTP ibu sampeyan dan kode bookingnya. Kalau ditanya2 ya jelaskan aja apa adanya, sy kira petugas cek-in bisa mengerti. Sekedar berjaga2 bisa dibawa juga fotokopi KK, siapa tau verifikasi cc owner ke daftar nama di KK. Memang repot ya..

      Saya pribadi kalau pakai Lion biasa pake ibanking, blm pernah pake cc.

      Barangkali rekan readers ada yg lebih berpengalaman dgn pertanyaan ini?

      Sent from my BlackBerry® via Smartfren EVDO Network

  52. mas..mw tny ne…saya beli tiket lion air secara online. n saya bayar lewat atm sinarmas.. itu dk dpt email konfirmasi dari lion nya ya?
    trus tiketnya gimana ya? atau pakai struck dari atm bisa?

  53. mas, mohon bantuannya, saya sdh beli tiket lion air via website, dan pembayaran via klikbca. masalahnya saya lupa ngesave rincian pembayaran yg ada di step 4. pdhl disitu ada kode booking nya. di bukti transaksi klikbca jg ga dicantumkan kode booking. saya telpon cs lion air tp selalu nada sibuk. apakah ada cara untuk memunculkan kembali kode booking tersebut via website?

    • Yg penting msh ada nama dan bukti pembayaran. Bisa diprintkan di konter lion. Tp jgn kuatir krn kalau pembayaran sudah dilakukan nanti tiketnya dikirim via email..

      • berarti harus check in di bandara ya? (niatnya mau melakukan web check in utk menghemat waktu) kira2 email dikirim berapa lama ya? krn saya juga tidak mendapat email apa2 dari lion walau sudah membayar melalui klikbca. trims atas infonya :)

  54. gan mau tanya kalau penukaran tiket di lion air di bandara soe-ta itu bukanya 24 jam apa tidak gan,, takut nnti pas berangkat disana penukaran tiketnya tutup soalnya pemberangkatannya jam 05.00 pagi,, tolong infonya thanks

    • mas, gak usah kuatir ditukerin tiketnya, slip atm udah cukup jadi tiket, bahkan bukti bookingan juga udah cukup untuk bisa lapor di konter dalam bandara soetta..

  55. maap mau tanya dong,,saya barusan pesen tiket lion air via online,dan masalahnya saya salah menuliskan nama belakang saya dengan nama suami saya,soalnya nama saya hanya memiliki satu kata,bagaimana ngurusnya ya?apa nanti akan dipermasalahkan ketika check in?
    mohon jawabannya ya,,terima kasih

Berikan Balasan

